Memperbaiki Motor Mogok Karena Karburator Banjir

Korek Bore-up - Karburator banjir akan membuat motor mogok dikarenakan busi akan basah oleh bensin. karburator banjir ini kerap terjadi pada sepeda motor yang sudah agak lawas. penyebabnya kebanyakan adanya kotoran yang mengganjal di jarum pelampung. nah bagaimana cara memperbaiki sepeda motor yang mogok akibat karburator banjir, tentunya ada beberapa tahapan untuk memperbaikinya. langsung saja tutorialnya dibawah ini.

Memperbaiki Motor Mogok Karena Karburator Banjir

Yang harus anda lakukan adalah yang pertama memperbaiki karburatornya terlebih dahulu. ada dua cara untuk memperbaikinya, coba cara pertama dan kemudian cara yang kedua.
Cara pertama
Buka baut / sekrup pembuangan karburator yang terletak di bagian bawah karburator. tutup kran bensin jika yang pakai kran bensin. buang bensin di penampungan karburator hingga habis. setelah habis, buka kran dan biarkan bensin keluar terlebih dulu beberapa saat dan tutup kran kembali lalu baut pembuangan di kencangkan kembali. bagi yang kran bensinya pakai yang vacum, slah-slah mesin biar bensin mengalir. tujuan dari langkah ini biar kotoran yang mengganjal ikut keluar terbawa bensin. jika masih juga banjir, pakai cara kedua.
Memperbaiki Motor Mogok Karena Karburator Banjir

Cara kedua
Cara kedua anda harus buka karburator. jika gak mau ribet, saat buka karburator, cukup buka bak penampung bensin, kemudian pelampung dan jarum pelampungnya saja. bersihkan pakai bensin atau karburator cleaner, tiup dan rakit kembali. kalo ditemukan jarum pelampung rusak, ganti aja.

Jika karburator sudah gak banjir, langkah selanjutnya adalah membuka busi.

  • Buka busi dan keringkan.
  • Slah-slah mesin atau bisa starter aja mesin untuk mengeringkan ruang bakar.
  • Pasang kembali busi.
  • Dan coba hidupkan mesin.
Nah mudah bukan caranya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Riko
Riko Saya suka dunia otomotif dan sempat jadi mekanik Mobil dan Motor