Cara Memperbaiki Motor Mogok Setelah Dicuci atau Hujan

Korek Bore-up - Nah ini dia yang suka bikin berabe, Sepeda Motor mogok setelah anda cuci atau setelah kehujanan, memang untuk sepeda motor yang kondisinya sudah tidak lagi baru akan mengalami hal ini lama kelamaan, apa saja penyebabnya dan apa saja yang harus diperbaiki dan jika perlu diganti agar kejadian sepeda motor mogok setalah dicuci atau kehujanan gak terjadi lagi. tentunya anda gak mau sepeda motor anda kayak kucing yang takut air. nantinya anda malas dan akan membiarkan sepeda motor yang kotor karena takut kalo dicuci motornya mogok, hehehe....

Yuk bro langsung aja kita ke tkp nya. nah berikut ini penyebabnya motor anda sering mogok kalo kena air., ini yang saya tahu dan dari pengalaman penulis.

Cara Memperbaiki Motor Mogok Setelah Dicuci atau Hujan

 

  • Busi / Padud Busi
Nah ini yang paling sering menjadi penyebabnya, padud atau cop busi, karetnya udah keras. seharusnya ketika diguyur air, air tidak akan masuk ke cop busi. bail itu bagian yang ke kabel koil atau bagian yang ke businya. jika ditemukan motor anda mogok karena cop busi, keringkan aja. dan ganti baru untuk menghindari kejadian serupa.
  • Koil ( Kabel koil )
Nah ini juga bisa terjadi. Kabel koil yang ada kebocoran, ketika basah akan menyebabkan arus di kabel nge ground. bisa terdeteksi ketika di starter dan ada percikan di kabel koil. solusinya keringkan aja, setelah kering juga akan bener. untuk menghindari kejadian serupa, ganti koil atau hindari mengguyur koil.
  • Socket kabel
Nah ini biasanya terjadi pada sepeda motor yang cover body nya dicopotin. air masuk ke socket-socket kabel, solusinya copot aja satu persatu dan keringkan. untuk menghindari kejadian serupa, hindari mengguyur kabel atau anda bisa bungkus dulu bagian socket sebelum mencuci.
  • Karburator
Nah yang ini biasa terjadi pada yang suka copot box filter, atau yang karet hose nya bocor. bekap aja karburator mesin pasti hidup kembali.

Itu berdasar dari pengalaman saya, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.
Riko
Riko Saya suka dunia otomotif dan sempat jadi mekanik Mobil dan Motor