Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mogok Karena Kehabisan Bensin

Korek Bore-up - Motor Injeksi Mogok akibat kehabisan bensin, itu sudah pasti. namanya juga kehabisan bensin ya gak bakal hidup donk motornya. hehehe.... becanda dikit. langsung aja ke topiknya. Motor yang pakai teknologi injeksi memang akan susah hidup jika kehabisan bensin. kenapa, karena bensin atau bahan bakar memerlukan jeda waktu untuk mengisi selang saluran bahan bakar hingga sampai di nozle injeksi. di saat selang saluran bahan bakar ini kosong maka mesin gak bakal hidup.

Bagi anda yang paham dengan teknologi injeksi konvensional pasti paham. kita tengok teknologi mesin diesel atau solar. solar dari tangki di sedot oleh pompa injector yang kemudian di pompa ke nozle pengabut. nah saat tangki bahan bakar kosong, maka saluran akan kosong dan disitu akan ada udara. ketika diisi bahan bakar kembali, maka jika pada mesin diesel jaman dulu harus dibuang dulu anginnya hingga saluran bahan bakar terisi dan solar sampai ke pompa injector. ini mirip dengan teknologi injeksi zaman sekarang.

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mogok Karena Kehabisan Bensin


Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mogok Karena Kehabisan Bensin

Lalu bagaimana jika pada injeksi sepeda motor. begini, jika motor injeksi kehabisan bensin maka akan sama seperti yang terjadi pada mesin diesel, saluran bahan bakar kosong. nah bedanya ketika tangki di isi bensin kembali, maka fuel pump yang berada di dalam tangki akan langsung memompa kembali bensin melalui saluran bahan bakar. hanya saja disini akan ada jeda waktu hingga sampai saluran bahan bakar terisi. tidak perlu buang angin sistem injeksi motor ini. karena menurut informasi, Pada Sistem Injeksi motor, bensin yang dipompakan menggunakan sistem One way. Secara simpel pada sistem injeksi honda, bahan bakar setelah sebelumnya memalui filter dipompa dengan tekanan yang berkisar pada angka 294 kPa, Tekanan akan dikurangi dengan cara mengeluarkan sebagian cairan yang dipompa dan di alirkan kembali ke tangki menggunakan regulator.

Jadi jika sepeda motor injeksi anda mogok akibat kehabisan bensin, ini yang harus anda lakukan.
  • Isi bensin.
  • Putar kunci kontak
  • Biarkan beberapa saat. pompa di didalam tangki biasanya akan berbunyi menandakan bekerja.
  • Ketika pompa berhenti, coba starter mesin.
Jika sering kehabisan bensin, bisa jadi umur dari fuel pump tidak akan awet. jadi memang sebaiknya jangan biarkan sampe bensin kering.

Semoga cara diatas bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.
Riko
Riko Saya suka dunia otomotif dan sempat jadi mekanik Mobil dan Motor