Korek Mesin Yamaha Fino 150cc Spek Road Race

Korek Bore-up - Skutik atau motor matic yamaha memang banyak digunakan dan menjadi pilihan oleh para pebalap ataupun para mekanik untuk digunakan pada ajang resmi Road Race, Drag Race ataupun untuk balapan tidak resmi seperti Balap Liar (Bali). mesin skutik yamaha memang mudah untuk diupgrade kapasitasnya hingga membengkak. mungkin itu salah satu yang menjadikan sepeda motor matik yamaha banyak menjadi pilihan para pebalap.

Korek Mesin Yamaha Fino 150cc Spek Road Race

Masih seputar sepeda motor matik Yamaha, setelah sebelumnya kita bahas mengenai korek harian yamaha mio dengan spek 130 cc dan 135 cc, kali ini kita bahas si saudaranya yaitu Yamaha Fino. motor matick gaya retro yang dari tampilannya enak buat dipake jalan-jalan santai di sore hari bareng gebnetan, eits... jangan salah, motor ini banyak kita jumpai di ajang balapan resmi ataupun tak resmi alias ilegal. nah, buat Bro-bro semua yang punya tunggangan yamaha mio fino dan sedang ingin bercinta, ........ups........... salah maksudnya sedang ingin sembalap, hehe...... nih ada tips buat korek yamaha mio fino kalian dengan spek roadrace up 150 cc.

Korek Mesin Yamaha Fino 150cc Spek Road Race

Dah gak sabar kan, jangan bongkar dulu mesinnya bro. tunggu dulu baca sampai akhir dulu, baru putusin pacar kamu,..........ups.... salah lagi putusin mau di korek apa kagak, hehehe.....

Nah, untuk melakukan pengerjaanya, ini nih yang dilakukan ubahan, rombakan atau di set ulang, bahasanya terserah anda, langsung aja bro... cekibrots.....

  • Piston FIM dengan diameter 57.25mm
Langkah pertama, karena kita akan menaikan kapasitas mesin, maka lengserkan piston STD atau standar dan ganti dengan Piston diameter 57,25 mm punya FIM Piston dengan sroke tetap standar, 57,9 mm menghasilkan volume silinder sebesar 149.1cc.
  • Papas Cylinder Head  0,25 mm.
untuk selanjutnya, mengimbagi ubahan yang sudah dilakukan pada pisto, biar power tetap galak, rasio kompresi mesin dibuat jadi 12,9 : 1. dengan cara papas head 0,25 mm.
  • Kem standar dicustom
Durasinya dibuat 269 derajat untuk in dan 263 derajat untuk ex-nya. Sedikit harus mengakali ubahan ini,  yaitu memaksimalkan nya dengan lift klep in 9,1 mm dan ex 9,4 mm.
  • Pelatuk roller / Rocker aram CLD
Pelatuk roller alias rocker arm CLD minim friksi sehingga meringankan kerja mesin dalam buka tutup klep.
  • Klep Honda Sonic dengan diameter 28mm (in) dan 24mm (out)
Klep standar yang tadinya berdiameter 23 mm (in) dan 19 mm (ex) diganti klep Honda Sonic. Kini diameter payung klep jadi 28 mm buat klep isap dan 24 mm buat klep buang.
  • CDI Predator
CDI dari Predator. Timing pengapian dibikin 34 derajat di 8.000 rpm. Dengan begitu, power mesin dari putaran bawah sampai putaran atas bisa ngisi terus.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam melakukan riset untuk mengupgrade mesin standar yamaha mio fino anda. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.
Riko
Riko Saya suka dunia otomotif dan sempat jadi mekanik Mobil dan Motor