Modifikasi Mesin Honda Grand 2 Silinder 218 cc

Modifikasi Mesin Honda Grand 2 Silinder 218 ccKorek Bore-up - Modifikasi Mesin Honda Grand 2 Silinder 218 cc - Mekanik Indonesia memang pada hebat soal modifikasi yang tergolong Ekstrim. sudah banyak bukti yang bisa kita ketahui di internet tentang karya-karya mereka yang bikin WOW (we o we ) hehehe...., oke, kali ini ada info menarik mengenai modif Honda Grand. honda ghrand yang aslinya ber cc kecil ini bisa digarap sedemikian dan dijadikan sepeda motor yang sangar abis. Honda Grand yang satu silinder dibuat 2 silinder bagaikan motor gede. gimana gak sangar tuh, penasaran dengan cara bikinnya. berikut saya kutif dari "otomotifnet".

Modifikasi Mesin Honda Grand 2 Silinder 218 cc

 

Berikut ini bocoran dalam proses desain pembuatannya, buat yang mau ikut bikin motor grand nya jadi dua silinder atau yang cuma penasaran aja, penasaran aja apa banget, okelah ini nih simak aja :
  1. Modifikasi mesin 2 silinder ini menganut konfigurasi segaris. Tidak mengikuti tren yang sudah banyak diadopsi, yaitu konfigurasi V atau V-twin engine. kepala silinder tidak mengalami penggabungan. Head dibikin terpisah satu sama lain. Sehingga keduanya memiliki rante keteng dan kem sendiri-sendiri.
  2. Kedua piston digerakkan 2 kruk as Grand yang digabung. Sistem penyatuan kruk as sederhana. Bandul kruk as kanan dilubangi. Sementara kruk as kiri dari as yang menuju kopling dimasukkan ke lubang itu. Kemudian dipres dan di las titik.
  3. Laher kruk as dipasang 4 biji. Dua di kanan-kiri dan 2 di tengah. Di tengah kruk as juga dipasangi gir timing untuk rantai keteng silinder kanan.
  4. dibuatkan crankcase baru. “Crankcase terbuat dari almu batangan yang dibentuk ulang dengan cara dicetak lalu dibubut
  5. Silinder blok diisi seher Kawasaki Kaze standar. Diameternya 53 mm. Dipadukan dengan stroke standar Grand 49,5 mm. Satu silindernya jadi 109,2 cc.
  6. Pengapian Grand ini hanya menggunakan 1 pulser dan 1 CDI kepunyaan Shogun. Kabel dari CDI dibikin cabang 2, untuk 2 koil Jupiter. Dan diteruskan ke busi yang juga jadi 2.
Agar suara seram seperti moge, proses kerja silinder kiri dan kanan dibikin beda. Piston di kanan sedang kompresi, sementara piston di kiri sedang proses langkah buang. Meski seher naik-turun bareng, suara yang dihasilkan mesin jadi bergantian karena ledakan pembakaran antara silinder 1 dan 2 berbeda. ( http://motor.otomotifnet.com/read/2012/06/04/331232/98/10/Honda-Astrea-Grand-Bebek-Dua-Silinder-218-cc )
Riko
Riko Saya suka dunia otomotif dan sempat jadi mekanik Mobil dan Motor